Surga Vs Neraka

Dalam pemahaman seseorang insan yang meyakini adanya "Neraka dan Surga", mereka akan berbeda beberapa tingkatan untuk berharap kepada penciptanya tentang surga dan neraka. Tetapi saya pernah mendengar kata-kata "
Orang yang suci hatinya dan ikhlas beribadah kepada Allah dan ibadahnya itu tidak untuk mengharapkan surga, juga tidak mengharapkan pahala, dan bukan pula karena takut neraka, melainkan hanya semata-mata karena Allah dan dia ikhlas menerima ketetapan Allah dimana saja dia ditempatkan di akhirat nanti".

Dan senada dengan ini juga Alm Chrismansyah Rahadi atau biasa dipanggil Chrisye juga pernah membawa lagu " jika surga dan neraka tak pernah ada"
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkan kau bersujud kepada-Nya
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau menyebut nama-Nya
oleh: Chrisy.
Dan berlandaskan pemahaman saya yang begitu dangkal memahami agama, dan saya mohon pencerahannya kepada semuanya yang sempat membaca tulisan ini. Karena setau saya kebanyakan orang hanya beribadah mengaharapkan Surga dan Takut akan Neraka, jika seperti itu akankah tuhan itu menilai ibadah seseorang dari apa yang mereka niatkan atau tuhan menilai dari apa yang mereka perbuatkan.?
ya saya juga pernah mendengar bahwa amal perbuatan manusia itu tergantung kepada niatnya. Jika ada yang berbuat kebaikan hanya sebatas kesadaran sosial saja dan tanpa mengaharapkan surga, neraka ataupun takut karena tuhan itu seperti apa.?

Tuhan itu tidak bodoh, jika dia bodoh maka dia bukanlah tuhan, dan manusia diberi akal untuk memikirkan itu.

No comments:

Post a Comment